Masjid Roma

Masjid Roma, Masjid Terbesar di Eropa

 

Masjid Roma, demikian nama masjid itu, adalah masjid paling besar di semua Eropa. Berdiri di atas tempat seluas 30.000 m2, masjid karya arsitek Paolo Portoghesi, Vittorio Gigliotti, serta Sami Mousawi dibuat tahun 1984. Masjid ini ada di tempat Pusat Kebudayaan Islam di Roma. Kehadiran masjid paling besar di Eropa ini diawali tahun 1972. Pada tahun itu ide pembangunan Masjid Roma telah muncul.

Pada tahun 1972, dengan cara sah Pusat Kebudayaan Islam Italia tercipta. Tetapi sebetulnya embrio Pusat Kebudayaan Islam di Italia itu telah ada semenjak 1966. Maksudnya tidak cuman layani komune Muslim di Italia tetapi jadi jembatan buat terbentuknya diskusi di antara Islam serta dunia Barat.

Masjid yang pembikinannya selesai pada 1995 itu dapat memuat sampai 40.000 umat. Ruangan penting masjid ini mencontoh mode masjid berarsitektur Islam dengan kombinasi style classic Romawi. Tempat beribadah berupa sisi empat dengan halaman luas di luarnya ditambah air mancur dibagian tengah. Ruangan ini dapat memuat seputar 2.500 orang. Masjid ini diperlengkapi diantaranya dengan perpustakaan seluas 4.000 m2, ruangan pertemuan, serta pusat pendidikan bahasa Arab.

Di belakang masjid dua jalan terbentang hingga membuahkan satu background berupa horisontal di antara masjid itu dengan gunung Parioli. Dua jalan barusan menampung bentuk lengkung masjid. Seputar 100 pohon cemara Romawi menghiasi taman terbuka di kompleks masjid ini.

Dampak penyinaran adalah hal yang dengan cara detail jadi perhatian Portoghesi. Penyinaran pada 16 kubah pada masjid itu disaring oleh jendela sebagai media untuk memantulkan sinar. Portoghesi membuat ide penerangan pada masjid ini untuk mengekspresikan dengan cara universal jalinan di antara Allah serta manusia. Penerangan masjid ini dibikin lewat pembiasan sinar serta pencahayaan sinar langsung ke masjid.

Dalam susunan bangunan ini nampak keunikan Islam seperti dari lengkungan sama-sama silang, pilar-pilar yang memvisualisasikan rimba Magribi serta dari lingkaran-lingkaran konsentris yang memvisualisasikan kosmologi tujuh langit. Pokoknya, masjid agung yang beberapa diongkosi oleh Kerajaan Arab Saudi ini demikian istimewa.

Paolo Portoghesi, si arsitek penting, lahir tahun 1931. Dia lulus dari Kampus Roma tahun 1957. Mulai 1968 sampai 1976 dia jadi professor Riwayat Arsitektur di Polithecnic of Milan.

Islam adalah komune religious cukup besar di Italia. Mereka datang dari beberapa seluruh dunia dalam bahasa serta posisi sosial yang berlainan. Sekarang ini ada 800.000 penganut agama Islam di Italia. Empatpuluh ribu salah satunya berkebangsaan Italia. Umumnya penganut Islam ini terbagi dalam imigran yang datang dalam periode waktu 20 tahun paling akhir. Mereka datang dari Maroko, Albania, Tunisia, Senegal, Mesir, Aljazair, serta beberapa negara afrika Utara dan Timur Tengah.

Sumber:faktabukanopini.blogspot.com